Jokowi dan Dalia Grybauskaite


Pada hari Rabu 17 Maret 2017, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan dari Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite ke Indonesia. Kedatangannya disambut dengan upacara kenegaraan dan dimeriahkan oleh pasukan Nusantara, korps musik serta para pelajar yang mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Beberapa menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, Muhammad Ibnu Said juga turut menyambut rombongan kenegaraan Presiden Lithuania. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang bersejarah karena ternyata ini merupakan pertama kali dalam sejarah kepala negara Lithuania bertemu dengan kepala negara Indonesia. Kunjungan ini merupakan kali pertama sejak hubungan diplomatik Indonesia dengan Lithuania sejak 24 tahun silam. Sehingga, Presiden Dalia Grybauskaite sangat senang dan mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia.



Dalam pertemuan yang digelar di Istana Merdeka Jakarta, kedua negara sepakat untuk berkomitmen meningkatkan hubungan bilateral dan kemitraan terutama dalam bidang energi terbarukan, konservasi energi serta pengembangan bisnis di sektor energi. Apalagi Lithuania memiliki kapabilitas tersendiri dalam bidang energi surya, biomasa dan biofuel. Kedua kepala negara juga membahas lebih jauh mengenai perluasan kerja sama perdagangan dan investasi diantara kedua negara serta sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang IT baik untuk penggunaan transportasi darat, penerbangan maupun di bidang lainnya. Tak lupa, pemerintah Indonesia juga meminta dukungan dalam pemasaran produk sawit di Eropa. Dikarenakan selama ini produk sawit dari Indonesia sering mendapatkan hambatan di pasar internasional. Sedangkan di bidang pariwisata, kedua pemerintahan bertekad untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan diantara kedua negara. Didorong dengan jumlah wisatawan yang berkunjung dari Lithuania ke Indonesia dan semakin meningkat setiap tahunnya. 


Setelah kunjungan kenegaraan, dilakukan sejumlah kegiatan seperti sesi foto bersama, pertemuan empat mata, pertemuan bilateral, penandatanganan nota kesepahaman, pernyataan pers bersama dan ditutup dengan acara jamuan santap siang kenegaraan sebagai bentuk penghormatan dari pemerintah Indonesia atas kunjungan Presiden Lithuania. Kedua presiden tersebut berharap kunjungan kali ini bisa membawa manfaat bagi kedua negara di berbagai bidang.

Source:





Comments

  1. Untuk sebuah laporan sangat bagus! Detail & komprehensif.
    Tp harus bisa dibedakan "to report" & "to story" .
    Krn mmg tugasnya adalah membuat cerita :)
    Keep writing....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts